SISTEM KOMPUTER

 


SISTEM KOMPUTER

Sistem Komputer merupakan komponen yang berhubungan antar bagian. Selanjutnya setiap komponen tersebut bisa terhubung dan melakukan tugas sesuai intruksi pengguna komputer. Umumnya, komponen yang ada dalam sistem komputer terbagi menjadi tiga bagian utama, hardware, brainware dan software.

Komponen Utama Sistem Komputer

Komponen Komputer adalah kumpulan dari berbagai komponen yang memiliki fungsi dan saling berhubungan satu sama lain untuk menjalankan sebuah komputer.

Secara umum terdapat tiga unsur penting yang menyusunnya, komponen komputer terdiri dari:

  • Perangkat keras (Hardware)
  • Perangkat lunak (Software)
  • Pengguna (Brainware)

Adapun tiga komponen utama tersebut adalah sebagai berikut.

A. Hardware

Hardware sering disebut sebagai perangkat keras yang merupakan komponen berbentuk fisik dapat dilihat secara kasat mata dan bisa disentuh dengan tangan.

Berdasarkan fungsinya komponen perangkat keras dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

1. Input Device

Input device adalah komponen masukan yang mempunyai fungsi untuk menerima masukan berupa data atau informasi.

a. Mouse

Mouse bentuknya mirip dengan ‘tikus’, mouse adalah salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk menggerakkan dan mengarahkan pointer. Kemudian juga memberikan arahan untuk klik sesuatu dengan menekan tombol pada mouse dengan cara klik kiri, klik kanan, double klik dan drug.

b. keyboard

Perangkat ini merupakan alat yang memiliki tombol-tombol. Keyboard memiliki fungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka dan simbol. Selain itu, pada keyboard juga terdapat beberapa tombol khusus yang memiliki masukkan khusus.

c. scanner

Scanner adalah salah satu perangkat yang berfungsi sebagai alat pemindai. Alat ini ini akan mengkonversikan gambar manual menjadi data digital.

 

B. Processing Device

Processing device adalah komponen proses pada kompoter yang berfungsi untuk mengolah data. Komponen ini akan mengolah dan mengerjakan data yang diterima dari input device. Komponen proses akan mengontrol seluruh kinerja sistem komputer selama proses sedang berlangsung.

1. Motherboard

Motherboard adalah perangkat komputer yang menghubungkan setiap komponen komputer agar saling terkoneksi satu dengan lannya, mother board merupakan papan induk koneksi komputer.

2. Prossesor

Processor sering disebut sebagai ‘otak komputer’. Seperti sebutannya, processor berfungsi sebagai tempat pemrosesan instruksi-instruksi yang terjadi pada komputer. Berikut komponen penyusun processor:

  • Control Unit (CU)
    Berperan untuk mengatur segala aktivitas lalu lintas data yang ada pada komputer seperti input dan output.
  • Aritmatic Logical Unit (ALU)
    Berperan melakukan operasi matematika sesuai instruksi dari user.
  • Register Unit (RU)
    Berperan sebagai tempat penyimpanan data sementara yang memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi.
3. Power Suply

Power supply adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC dan mendistribusikan arus tersebut ke berbagai komponen lainnya.

C. Storage Device

Storage device adalah komponen yang berfungsi tempat penyimpanan data didalam komputer. Data ini dapat berupa data user, data aplikasi dan data sistem.

1. RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory sebagai tempat penyimpanan data sementara dan dapat diakses secara acak. Random Access Memory berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data pada saat komputer berjalan. Sehingga semakin besar RAM yang dimilliki oleh suatu komputer, maka semakin cepat komputer tersebut.

2. Harddisk

Harddisk adalah perangkat keras yang mendukung komputer untuk menyediakan space penyimpanan data. Ukuran space harddisk pun bermacam-macam mulai dari 80 GB hingga 2 TB.

D. Output Device

Output device adalah komponen keluaran komputer yang dapat menampilkan data atau informasi yang telah diolah sebelumnya oleh komputer.

1. Monitor

Monitor adalah perangkat keras yang dapat menampilkan data hasil olahan dalam bentuk visual. Terdapat beberapa jenis monitor:

  • CRT (Chatode Ray Tube) atau biasa disebut monitor tabung
  • LCD (Liquid Cristal Display)
  • LED (Light Emitting Diode)
  • Plasma

2. Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang akan mengkonversi sinyal elektrik ke bentuk frekuensi audio atau suara dengan cara menggetarkan komponen berbentuk membrane.

3. Printer

Printer adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media untuk mencetak suatu data dalam bentuk teks, gambar, atau pun grafik pada kertas, plastik dan bahan lain

B. Software

Software merupakan komponen sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak berwujud atau tidak kasat mata. Software mempunyai wujud digital yang tersimpan didalam memori komputer.

Ada beberapa jenis katagori software di sistem komputer, berikut jenis-jenisnya:

1. System Software

Jenis software yang digunakan untuk mengatur sekaligus mengontrol komponen perangkat keras komputer supaya bisa berinteraksi dengan hardware atau software lain. Contohnya adalah sistem operasi komputer.

2. Utility Software

Jenis software yang digunakan untuk menjaga sekaligus melindungi sistem komputer namun tidak memiliki kontak langsung dengan hardware. Contoh software jenis Utility adalah antivirus, disk defragmenter dan masih banyak lainnya.

3. Application Software

Jenis software yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tertentu dari user. Contoh software yang dimaksud bisa berupa web browser, game, software office dan masih banyak lainnya.

C. Brainware

Komponen terakhir yang pasti dimiliki sistem komputer supaya bekerja semestinya adalah brainware.

Brainware bisa disebut sebagai orang yang memakai atau perangkat intelektual yang menggunakan dan mengoperasikan perangkat komputer.

Tanpa brainware, sistem komputer hanya seperangkat kosong yang tidak digunakan apa saja.

Itu pengertian sistem komputer, fungsi dan komponen yang menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan. Sistem komputer dasarnya sangat membantu aktivitas pekerjaan seseorang.

Wajar karena dengan bantuan sistem komputer, Anda bisa menikmati kemudahan akses di era teknologi seperti sekarang,.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.selamatpagi.id/pengertian-sistem-komputer/#Pengertian_Sistem_Komputer

https://elsagara.com/komponen-komputer/

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Hubungan Desain Grafis dengan Seni Rupa dan Multimedia

GARIS

WARNA DI KOMPUTER