Contoh RPP Tematik SD Kelas 1
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN ...........................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.
IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika
: Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi
bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
·
Berbicara : Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar
:
1. IPS
:
·
Menceritakan pengalaman.
2.
IPA :
·
Mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur/ elemen
musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
I. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menceritakan
pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
·
Siswa dapat menceritakan
pengalaman ke sekolah, pulang sekolah dan kesan bersekolah..
·
Siswa dapat menjelaskan nama
makanan sehat, perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk
tumbuh sehat..
·
Siswa dapat membedakan jenis
air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
·
Siswa dapat menyebutkan 5
agama, kegiatan keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama yang diakui di Indonesia.
·
Siswa dapat menerjemahan bentuk
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
·
Siswa dapat membaca simbul +,
-, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
·
Siswa
dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·
Siswa
dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
·
Siswa
dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
·
Siswa
dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
·
Siswa
dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
·
Siswa
dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
·
Siswa
dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin
huruf, gambar, dan kalimat.
·
Siswa
dapat menentukan sumber bunyi
·
Siswa
dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
·
Siswa
membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Siswa
dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegunaan benda.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa
masa kecil
·
Hidup
rukun dalam perbedaan.
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Pengucapan
bunyi atau suara tertentu di sekitar
·
Pelafalan
bunyi bahasa
·
Kalimat
sapaan
·
Membaca
kata dan kalimat.
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·
Unsur
– unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·
Gambar
barang budaya/ alami.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan
inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.Mengamati
model/ gambar makanan sehat, menyebutkan jenis makanan yang dapat menyehatkan
tubuh.
2. Mengamati
lingkungan sekitar untuk mendiskusikan pentingnya air, pakaian, udara, dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
3. Mengamati gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Mengelompokkan
jenis makanan yang menyehatkan dan
tidak menyehatkan.
2. Menyebutkan
jenis air yang baik untuk kesehatan tubuh.
3. Menyebutkan
nama agama yang sesuai dengan tempat ibadah yang ditunjuk
4. Menceritakan
kegiatan keagamaan yang pernah diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
5. Mendiskusikan
kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia.
6. Memberikan
contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
7. Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke dalam
kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Melalui
pendengaran yang cermat menyebutkan suara langsung dan suara tiruan.
2. Mendengarkan
penjelasan guru tentang peristiwa yang pernah dialami pada saat masih kecil
bisa diceritakan kembali kepada orang lain, sebagai pengalaman kepada temannya
atau gurunya.
3. Menceritakan pengalaman masa kecil yang didengar dari orang tua atau orang lain
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1 . Menirukan
susra yang didengar, dan menyebutkan jenis suara yang didengar.
2. Menirukan
susra binatang, kendaraan, dan suara alam.
3. Mengajukan
pertanyaan tentang pengalaman orang lain.
4. Menuliskan
peristiwa penjumlahan dalam kehidupan
sehari-hari ke dalam kalimat matematika
secara lisan.
F Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Melalui pengalaman
dan pengamatan dapat membedakan suara buatan dan suara alami.
2. Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi
penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi penambahan, dan simbul = untuk mendapatkan hasil.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Menyebutkan
suara –suara alami yang pernah didengar
2. Menyebutkan
suara-suara buatan yang pernah didengar
3. Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat
matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Melalui
pengamatan dan pengalaman siswa menciptakan jenis suara yang baru.
2. Mencari hasil
penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Bermain
bunyi , membuat kelompok , setiap kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi alami yang pernag didengar.
2. Membuat kalimat matematika melalui
pengamatan lingkungan kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi
pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan, dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
2. Melalui penjelasan guru, siswa memeragakan menyapa
teman dengan cara yang baik dan bahasa yang santun.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Melakukan
pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan
menggunakan simbul ( - ) dan ( =
)
2. Menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mendengarkan
penjelasan guru tentang sumber bunyi.
2. Menjelaskan
bunyi alam adalah bunyi yang dihasilkan oleh alam, contohnya suara air
mengalir, angin bertiup, suara guntur , suara ombak dll.
3. Menjelaskan bunyi
buatan yaitu bunyi yang
dihasilkan oleh tubuh manusia, contohnya : bernyanyi, berdecak, berbicara,bertepuk, memetik jari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Melakukan gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik
menggunakan alat sederhan maupun menggunakan anggota tubuh.
2. Melalui
pengamatan dan pengalaman siswa mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu
bunyi alam dan bunyi buatan.
3. Memeragakan
menyapa oarng tua, guru dan orang yang lebih tua, dengan kalimat yang santun
dan cara yang baik secara individual.
4. Mengajukan pendapat atas peragaan temannya untuk
perbaikan dan menambah keberanian mengeluarkan pendapat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Melalui
percobaan tentang air di lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air
yang dapat menyehtkan dan tidak menyehatkan.
2. Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa
menyebutkan 4 kitab suci umat beragama yang ada di Indonesia.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Melalui
pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan
sekitar termasuk sehat atau tidak sehat.
2. Melalui
diskusi sederhana siswa menyimpulkan udara kotor sangat berpengaruh pada
kesehatan manusia.
3. Melalui
Lembar Kerja siswa mencari informasi tentang 5 pemuka agama yang ada di
Indonesia.
4. Menyelesaikan
soal latihan untuk penjumlahan.
5. Mengerjakan
soal penjumlahan di papan tulis.
6. Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Dengan
bantuan guru siswa menyusun naskah percakapan sapaan yang sederhana dengan
menggunakan bahasa yang santun.
2. Melalui
penjelasan guru sebagai motivasi, siswa dapat mengingat kembali kesan pertama
masuk sekolah Dasar , dan menceritakan peristiwa/ pengalaman tersebut kepada
orang lain atau temannya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Memperagakan
naskah percapan sapaan tersebut di depan kelas.
2. Mengerjakan
soal pengurangan di papan tulis.
3. Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan pe nguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1 Mengamati
kartu huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l yang diperlihatkanguru.
2 Melalui
penggunaan kartu huruf , siswa dapat
menyusun kata sederhana.
3 Membaca
susunan kartu huruf tersebut dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
4 Membaca
kalimat tersebut dengan suara nyaring dan pelafalan yang benar.
5 Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1 Menyusun
kata-kata tersebut menjadi kalimat sederhana.
2 Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1 Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2 Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
- Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan
sampai dengan 20
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1 Melalui
Lembar Kerja menulis, siswa menjiplak dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e,
o, m, n, b, d, dan l secara lepas, kata
atau gambar dengan posisi duduk dan pemegangan alat tulis yang benar.
2 Melakukan
tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
3 P engetesan melalui lisan dan tertulis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1 Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2 Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1 Melakukan
penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka
hasil sampai 20.
2 Mengamati bentuk huruf dari papan tulis, lalu
menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1 Mengerjakan
soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
2 Menuliskan
kata yang dibentuk dari huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l.
3 Melakukan salintatap beberapa kata yang ditulis di papan tulis ke dalam buku tulis
sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1 Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2 Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1 Melalui
pengamatan dan pengalaman siswa menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
2 Menyalin kalimat sedrehana dengan tulisan tegak bersambung.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1 Membedakan
keras dan pelan suatu bunyi ( dinamik).
2 Menuliskan kalimat
sederhana yang terdiri dari dua kata
yang didiktekan guru.
3 Menuliskan dengan bentuk huruf lepas yang benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1 Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2 Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1 Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
2 Mengerjakan
post tes
3 Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
1.
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
rebana,
suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7.
Sampel
air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. IPS :
·
Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
·
Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
·
Menceritakan kesan
hari pertama masuk Sekolah Dasar.
2. IPA :
·
Menunjukkan nama makanan
sehat yang berguna
bagi tubuh.
·
Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
·
tumbuh sehat.
·
Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
3. PKN :
·
Menyebutkan
5 agama yang diakui di Indonesia beserta
tempat ibadahnya
·
Menceritakan
kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·
Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·
Menjelaskan 5 pemuka
agama yang diakui di Indonesia.
4. Matematika :
·
Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan
pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat
sehari-hari.
·
Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
sampai 20
·
Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·
Menjumlah bilangan
3 angka hasil sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
.Membedakan berbagai bunyi / suara
Tertentu secara tepat.
·
Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·
Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain
serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara
yang santun.
·
Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
·
Menentukan sumber bunyi.
·
Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Menjelaskan rangkaian
bunyi dan detak melalui peragaan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1. IPS :
·
Ceritakanlah kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
·
Ceritakanlah pengalaman pergi , di
sekolah atau pulang sekolah
·
Ceritakanlah kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar.
2. IPA :
·
Tunjukkan nama makanan sehat
yang berguna
bagi tubuh.
·
jelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
·
tumbuh sehat.
·
Bedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
3. PKN :
·
Sebutkan
5 agama yang diakui di Indonesia beserta
tempat ibadahnya
·
Ceritakanlah kegiatan yang berkaitan
dengan hari besar agama
·
Sebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·
Jelaskan 5 pemuka agama
yang diakui di Indonesia.
4. Matematika :
·
Terjemahkan bentuk penjumlahan dan
pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat
sehari-hari.
·
Bagaimana cara Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam
mengerjakan hitung sampai 20
·
Bagaimana cara Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan
20.
·
Bagaimana cara Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Bedakan berbagai bunyi /
suara Tertentu secara tepat.
·
Tirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·
Bagaimana cara Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain
serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara
yang santun.
·
Bagaimana cara Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata –kata dan kalimat sederhana
·
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk
huruf.
·
Bagaimana cara Menyalin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Bagaimana cara Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
·
Tentukan sumber bunyi.
·
Bedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Bedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Jelaskan rangkaian
bunyi dan detak melalui peragaan
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
………………..…………
NIP
|
........................,
Guru Tematik Kelas I
................................................
NIP
|
Comments
Post a Comment