WARNA DI KOMPUTER

Apakah itu warna ?

Warna merupakan kesan yang ditimbulkan oleh cahaya. Sistem yang paling sederhana untuk mengetahui hubungan warna-warna adalah susunan warna dalam bentuk lingkaran warna. Banyak teori tentang warna, diantaranya menurut Teori Sir Isaac Newton bahwa warna adalah suatu kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata,terjadinya warna karena getaran cahaya putih. Sedangkan menurut Herbert Ivens, dengan teori lingkaran warnanya, membagi warna menjadi warna primer (merah, kuning, dan biru), warna sekunder (hijau, oranye, dan violet), serta warna tertier (percampuran warna primer dan sekeunder).

Dalam desain grafis warna merupakan salah satu komponen desain yang membentuk keindahan sekaligus menimbulkan persepsi psikologis, sugesti, suasana tertentu. Meski warna tampak sederhana, namun dilihat dari segi pembentukkannya banyak sekali metode atau proses pembentukkannya. Dalam software grafis banyak sekali teknik memvisualkan warna. Warna untuk dicetak berbeda dengan warna untuk layar monitor. Setiap model warna harus sesuai dengan media desain yang dipakai.

Warna di Komputer
1.    RGB Color
RGB merupakan singkatan dari Red-Green-Blue, adalah model warna yang dihasilkan darin cahaya monitor. Apabila ketiga warna tersebut dikombinasikan akan tercipta warna putih, itulah yang melatarbelakangi warna RGB disebut ‘aditive color’atau warna pencahayaan.
Warna RGB digunakan di media elektronik seperti televisi, monitor computer, projector, kamera dan scanner. Ciri warna RGB cerah, terang dan segar.

2.    CMYK color
CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang (relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses. Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna (dalam model warna CIELab) dan nilai Opacity/Transparency. (http://www.ilmugrafis.com)

3.    HSB/HSV/HSL Color
HSB = Hue Saturation Brightness
HSV = Hue Saturation Value
HSL = Hue Saturation Lightness

Ketiga istilah tersebut bisa dikatakan sama, karena Brightness, Value dan Lightness sama sama menentukan kadar cahaya (gelap/terang). Di Adobe Photoshop istilah yang di gunakan adalah HSB, namun di software lain ada yang menggunakan HSV dan HSL. Model warna ini digunakan untuk aplikasi layar monitor atau televisi sama seperti RGB. Dengan model warna ini pengaturan gelap/terang lebih mudah karena hanya menggeser nilai Brightness, Value, Lightness saja yang terdapat pada remote Televisi.

4.    LAB Color
LAB Color bukan berarti warna laboratorium tetapi singkatan dari L=Lightness A=Sumbu Green - Red B=Sumbu - Yellow Blue. Model warna bisa di aplikasikan untuk layar monitor atau media cetak khususnya warna pantone. Lab color juga bermanfaat untuk berkomunikasi antara macam - macam metoda dan alat pewarnaan. Gambar ini memperlihatkan koordinat LAB = 50,50,50 yang berarti hijau muda / terang. Model warna mudah di pahami di banding model warna sebelumnya.

5.    Hex Color
Model warna ini biasa untuk di gunakan progammer atau web desainer yang tidak ingin repot - repot memikirkan campuran warna RGB. Cukup dengan tanda # lalu sebutkan 6 digit kodenya, beres. Maka misal kuning = #FFFF00, Progammer akan repot jika menyebutkan kuning sebagai (100,0,100) karena kemungkinan salah tulis (syntax error). Berikut daftar warna model Hex Color yang umum di gunakan.


Daftar Pustaka
Hendratman, Hendi (2014). Computer Graphic Design. Bandung.Penerbit Informatika
Wikipedia Indonesia


Comments

Popular posts from this blog

Hubungan Desain Grafis dengan Seni Rupa dan Multimedia

GARIS